Fri. Sep 30th, 2022

Plantarum Online

Tahu, Tanggap, Tandang

Aliansi BEM Se-Jember Menggelar Aksi Yang Bertajuk CATATAN HITAM INDONESIA 2022 di Depan Gedung DPRD Kabupaten Jember

2 min read

Selasa, 12 April 2022 aksi demonstrasi dengan tajuk CATATAN HITAM INDONESIA 2022  yang dilaksanakan di depan gedung DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Jember oleh Aliansi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Se-Jember. Sesuai dengan pernyataan Yayan selaku koordinator lapang aksi CATATAN HITAM INDONESIA 2022 menyebutkan bahwa “titik kumpulnya kita di duoble way UNEJ kemudian titik aksinya sasarannya di DPR”. Dalam hal ini Aliansi BEM Se-Jember membawa empat poin tuntutan dalam pakta integritas dimana keempat poin tersebut berbunyi  Pertama, Mendorong Ketua DPRD Kabupaten Jember, Perwakilan parpol dalam komisi untuk menandatangani pakta integritas dan mendesak Ketua DPR RI serta presiden untuk secara tegas menolak penundaan pemilu 2024. Kedua, Menuntut DPRD Kabupaten Jember untuk mendesak DPR RI & MPR untuk Tidak mengamandemen Undang-Undang Dasar 1945. Ketiga Mendesak DPRD Kabupaten Jember agar mendesak presiden segera menyelesaikan persoalan tingginya Harga Minyak Goreng dan meminta supaya Presiden mereshuffel menteri perdagangan. Keempat, Mendesak pemerintah untuk mencabut ketetapan PPN sebesar 11%.

Untuk bentuk aksinya sendiri terdepat beberapa bentuk aksi yang divisualisasikan dalam beberapa penampilan  orasi, puisi, dan teatrikal, hal ini juga ditegaskan oleh Yayan “Kita insyaAllah menekankan bahwasannya aksi kita adalah aksi intelektual gitu. Kita akan menyampaikan esensi-esensi yang menjadi keresahan bersama.”

Aksi tersebut berjalan selama kurang lebih 3 jam sampai akhirnya pakta integritas yang dibawa oleh para demonstran ditanda tangani oleh Ketua DPRD Kabupaten Jember beserta  fraksi dari parta politik yang ada “Kami pimpinan, bahkan sudah dari seluruh partai politik tadi tanda tangan pakta integritas dan menerima sepenuhnya setiap rincian detail dan lain sebagainya yang ada dalam pakta integritas tersebut.” Ujar Itqon Syauqi selaku Ketua DPRD Kabupaten Jember.

Beliau juga mengakui dan mengapresiasi terkait dengan apa yang disuarakan oleh mahasiswa bahwa hal tersebut merupakan suara yang menjadi keresahan masyarakat “Kami sangat mengapresiasi semangat juang dari adik- adik mahasiswa. Bagaimanapun suara mahasiswa adalah suara demokrasi, suara mahasiswa sangatlah sakral. Karena itu apapun yang disuarakan mahasiswa kami yakin ini bagian dari kegelisahan masyarakat.” Ucap Itqon Syauqi kepada awak media.

Dari Yayan selaku perwakilan para demonstran menyatakan terkait bentuk pengawalan dari pakta integritas  yang telah ditanda tangani ini apakah sudah di tindak lanjuti “bentuk pengawalannya nanti setelah tiga hari kita akan meng-crosscheck apakah pakta intgritas kita tadi diindahkan atau tidak.” Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi DPRD Kabupaten Jember. Dikarenakan DPRD Kabupaten Jember sediri sendiri baru berangkat ke Senayan lusa untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa “Paling cepet lusa. Karena kan harus pesen tiket ya. Harus rapat pimpinan. Terus pesen tiket juga. Dan memastikan disenayan juga ada yang menerima”

Reporter : Ferry Dinata

Penulis & Fotografer : M. ‘Ubaidillah I

Editor : Diana Anggraeni P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *