Fri. Sep 30th, 2022

Plantarum Online

Tahu, Tanggap, Tandang

[Makan Durian Sepuasnya di Festival Sidomulyo]

2 min read

Jember, Plantarum – Minggu (16/2) Kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) 51 Universitas Jember bersama pegawai kantor Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember menyelenggarakan acara Festival Sidomulyo. Festival ini merupakan festival yang diadakan untuk menyambut musim durian yang sudah mulai bergulir. Pada acara ini peserta dapat memakan buah durian sepuasnya, hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,-.

Menurut penuturan Raul Putra, salah satu anggota kelompok KKN 51 diadakannya Festival Sidomulyo ini bertujuan untuk menyambung tali silaturahmi antar masyarakat Desa Sidomulyo, ”Selain menyambung tali silaturahmi, acara ini juga bertujuan untuk mengangkat salah satu potensi yang ada di Desa Sidomulyo dan mengembangkannya supaya kedepan menjadi salah satu ciri khas Desa Sidomulyo”, ungkap Raul. Acara ini bukan merupakan kegiatan tahunan di Desa Sidomulyo, akan tetapi merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN 51 Universitas Jember. “Acara ini berlangsung sehari, dimulai dari pukul 12.30 WIB dengan bantuan perangkat desa dan kelompok pemuda desa yang bernama PSB (Pemuda Sidomulyo Bersatu)”, tambah Raul.

Acara Festival Sidomulyo ini tidak hanya berhasil menarik euforia masyarakat Desa Sidomulyo, akan tetapi juga masyarakat sekitar Kabupaten Jember. Hal ini dibuktikan dengan tiket yang terjual habis dalam jangka waktu yang singkat. “Saya datang dari Jember kota karena melihat pamflet yang tersebar di sosmed dan saya tertarik untuk menghadirinya, tapi tidak kebagian tiket”, ucap Ahmad Ferdiansyah salah satu mahasiswa Universitas Jember. Ferdiansyah juga menambahkan bahwa acara ini sangat positif, namun masih banyak yang perlu dievaluasi terkait kurang lengkapnya informasi pada pamflet.

Digelarnya Festival Sidomulyo mampu menunjukkan bahwa Desa Sidomulyo tidak hanya unggul pada komoditas kopi saja, akan tetapi juga memiliki komoditas durian yang sangat potensial.[]

Penulis: M. Gazza Daffa V                        

Repoter : M. Gazza Daffa V

Fotografer : M. Gazza Daffa V                

Editor : Erlita Diah Salsahbila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *