Fri. Sep 30th, 2022

Plantarum Online

Tahu, Tanggap, Tandang

Logis (Dialog Strategis) Bentuk Sinergitas Antara Fakultas dengan Mahasiswa

2 min read
Fotografer : Zul Fauzi Nugroho Hadi

Jember, Plantarum – Jum’at (16/04/2021) tepat pukul 14.18 WIB BPM (red : Badan Perwakilan Mahasiswa) Fakultas Pertanian Universitas Jember selaku panitia acara telah melangsungkan kegiatan Dialog Strategis atau Audiensi bersama dengan Ormawa (red : Organisasi Mahawiswa) dan Dekanat. Dialog Strategis dilakukan secara daring menggunakan video conference (Zoom) dan secara luring di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Dekanat FP (red : Fakultas Pertanian). Pembahasan diawali dengan pemaparan program kerja FP dan dilanjutkan kegiatan diskusi.

Pertama, pemaparan program kerja FP berkaitan dengan penjelasan kontrak kerja FP dan Universitas Jember. Kedua, dilakukan pula pemaparan terkait kosinyering, penyusunan TOR (red : Term of Reference) 2021 (BLU), merdeka belajar kampus merdeka, persiapan buku kurikulum dan buku praktikum, perbaikan fasilitas yang ada di FP, penyamaan fasilitas Kampus Bondowoso dan kampus Jember. Ketiga, kegiatan diskusi yang dilakukan dengan memenuhi dua poin utama restra dekanat serta aspirasi mahasiswa.

Agung, selaku Ketua Umum BPM FP menjelaskan tujuan diadakannya acara ini untuk mewadahi para Ormawa dalam menyampaikan aspirasi mahasiswa secara langsung terhadap pihak terkait. “Banyak aspirasi-aspirasi mahasiswa itu yang kita (BPM) peroleh beberapa bulan ini selama kepengurusan, banyak kendala-kendala atau permasalahan yang disampaikan oleh Ormawa itu mengenai kegiatan mahasiswa tentang keterlambatan birokrasi dan sebagainya” tambahannya.

Terdapat beberapa aspirasi yang sudah disampaikan oleh pihak Ormawa kepada pihak Dekanat, sehingga acara tersebut berlangsung dengan cukup baik. Namun masih ada beberapa kekurangan, yakni dari pihak akademik, keuangan dan lainya masih belum bisa menjelaskan secara spesifik dikarenakan tidak hadirnya mereka saat acara luring berlangsung. Dari pihak Dekanat sendiri acara Dialog Strategis ini memberikan mahasiswa keleluasaan dalam mengkritisi serta mengkoreksi jajaran Dekanat. Diskusi yang dilakukan diharuskan tetap pada koridor, yaitu membangun FP Universitas Jember lebih baik. Diskusi ini bisa menjadi contoh dari adanya transparansi pihak Dekanat kepada seluruh mahasiswa.

Prof. Dr. Ir. Soetriono, M. P. selaku Dekan FP Universitas Jember menuturkan adanya jatah untuk mahasiswa dan jatah untuk Fakultas. Jatah mahasiswa adalah bagaimana feedback mahasiswa dapat berprestasi di tingkat nasional, hal ini merupakan kerjasama antara Dekanat, KPS (red : Kepala Program Studi) serta mahasiswa. Perihal tersebut bisa menjadi bentuk sinergitas antara fakultas dengan mahasiswa.

Hasil dari diskusi Dialog Strategis ini, yaitu arah dari dekanat selanjutnya serta aspirasi mahasiswa yang menjadi keluh kesahnya. Arah dekanat selanjutnya terpapar dalam buku Rencana Strategis Universitas Jember yang menjadi buku pintar/pagu tahun 2020-2024 serta tiap tahun adanya kontrak kinerja fakultas dengan rektorat.  Aspirasi mahasiswa yang telah disampaikan ke dekanat akan di monitoring BPM, apakah solusi dari dekanat benar-benar bisa direalisasikan atau tidak kepada Ormawa.

Penulis: Zul Fauzi Nugroho Hadi

Reporter: Siti Aisyah

Editor: Firanny Tri Safura dan Safira Ummah

Fotografer: Zul Fauzi Nugroho Hadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *