Thu. Apr 18th, 2024

Plantarum Online

Tahu, Tanggap, Tandang

Jelang Pesta Demokrasi Warga Fakultas Pertanian 2022, Isu Krisis Regenerasi Pemimpin Mulai Mengudara

2 min read
Ilustrator : Muhammad ‘Ubaidillah I.

‘Kamu nanya?’ (red: tanya?) mungkin kalimat tanya tersebut sering kali temen-temen (red: tanya) pembaca dengar dalam beberapa media sosial maupun kehidupan sehari-hari pada beberapa waktu terakhir. Dikutip dari Tribunnews.com hingga saat ini jargon Kamu Nanya sudah menjadi buah bibir dan kerap kali diucapkan oleh masyarakat baik di media sosial maupun dunia nyata. Seorang konten creator bernama Alif yang pertama kali  menemukan dan mempopulerkan jargon ‘Kamu Nanya?’,’kamu bertanya-tanya’ yang kini ditirukan banyak orang. Kalimat ini bukan hanya sekali dua kali muncul dalam kehidupan muda-mudi era sekarang. Ia muncul dalam beberapa sesi. Dalam sesi diskusi sehabis presentasi kelas misal. Ataupun dalam sesi bercandaan, bahkan, dalam perbincangan serius kalimat tanya tersebut muncul hanya untuk sekedar mencairkan suasana.

Menjelang akhir tahun ini, jargon “kamu nanya” menggelitik untuk diungkapkan dalam mempertanyakan siapa yang akan melanjutkan kepemimpinan BEM (red : Badan Eksekutif Mahasiswa) pada satu periode ke-depan. Dimana kepengurusan ormawa (red: organisasi mahasiswa) di lingkungan Faperta (red: Fakultas Pertanian)  Universitas Jember biasanya disibukkan dengan proses regenerasi kepengurusan. Dimulai dari pemilihan ketua umum pada tiap-tiap ormawa terkait sampai serangkaian pembentukan kepengurusan yang baru. Seperti halnya pada tahun 2022 ini pemilihan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember, dipilih secara langsung oleh warga Faperta melalui Pemira (red : Pemilu raya) FP Unej 2022 yang diselenggarakan oleh PPUM (red : Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa) Fakultas Pertanian Universitas Jember

Semenjak ditetapkan nya jajaran PPUM PEMIRA FP Unej 2022 pada tanggal 4 November tahun 2022 ini, tercatat sampai pada saat tulisan ini dirilis pada tanggal 30 November, badan tersebut telah dua kali merilis perpanjangan registrasi pasangan calon ketua umum dan wakil ketua umum BEM (red : Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Pertanian Universitas Jember. Pada perpanjangan yang kedua timeline penetapan pasangan calon ketua umum dan wakil ketua umum BEM akan ditetapkan pada tanggal 28 November 2022. Namun, pada faktanya dalam aku official PPUM Pemira FP Unej 2022 @ppum_fpunej belum ada informasi terkait dengan penetapan calon maupun penjelasan mengenai konsistensi terhadap perpanjangan timeline yang kedua sampai saat ini. Bukan tidak mungkin, hal ini akan menimbulkan banyak persepsi warga Faperta terkait belum adanya penetapan calon hingga saat ini maupun terkait dengan keberlanjutan pemilu raya pada tahun ini. Beragam persepsi bermunculan mulai dari menurunnya minat dan adiksi mahasiswa dalam kehidupan organisasi kampus hingga persepsi terhadap kurang kuatnya proses persiapan kepengurusan sekarang terhadap regenerasi kepengurusan. Untuk mencoba mendapatkan informasi akurat di tengah masyarakat faperta dalam situasi “Kamu Bertanya-tanya” dari tim redaksi mencoba untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak Terkait. Namun, dalam keberlanjutan informasi tersebut, pihak penyelenggara Pemilu Raya FP Unej Pada tahun ini juga belum bisa memberikan keterangan ketika hendak diwawancarai oleh awak redaksi LPMP Plantarum. “Masih belum bisa katanya.” Ujar salah satu salah satu awak redaksi LPMP Plantarum ketika menirukan penolakan Ketua PPUM FP Unej.

Penulis : Muhammad ‘Ubaidillah I.

Editor : Zul Fauzi N. H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *